Minggu, 03 Januari 2016

CARA MERAWAT TANAMAN TERRARIUM

Pemeliharaan tanaman terrarium

Metode Penyinaran

Penyinaran berkaitan erat dengan penempatan tanaman terrarium dalam ruangan Tidak selalu tempat menyimpan tanaman terrarium mendapatkan cahaya yang baik. Tempat yang ideal tanaman terrarium adalah tempat yang mendapat cahaya matahari secara tidak langsung (intensitas 70%). Jika terrarium dalam ruangan yang kedap cahaya matahari, dianjurkan untuk menggunakan lampu sorot yang berwarna kemerahan. Selain untuk kebutuhan tanaman, cahaya tersebut dapat menambah gradasi warna pada sebuah sudut pandang dalam ruangan.

terrarium dalam tabung tabung kaca di tanamdinding blogspot
Terrarium dalam tabung kaca

Metode Penyiraman

Penyiraman untuk tanaman terrarium disarankan menggunakan hand sprayer untuk menjaga desain agar tidak rusak karena percikan air. Penyiraman untuk tanaman terrarium sebetulnya cukup mudah karena dilaksanakan dengan interval yang jarang, serta volume air yang tidak banyak. Penyiraman tanaman  terrarium tertutup sebetulnya cukup dilakukan satu kali ketika tanaman terrarium tertutup tersebut dibuat. Selanjutnya siklus hidrologi akan terjadi dengan sendirinya, sehingga kelembaban dalam tanaman terrarium tetap terjaga. Tanaman Terrarium terbuka disiram setiap 3 hari sekali dengan volume  air diberikan secukupnya, jika terlalu menggenang akar tanaman mudah busuk dan lambat laun tanaman dalam terrarium akan mati.

Pemangkasan dan pengelapan.

Pemangkasan tidak mutlak harus dilakukan, namun akan diperlukan jika tanaman dalam terrarium sudah berumur lebih dari 1 tahun. Tanaman yang sudah lama tumbuh dalam terrarium akan berkembang dan mempunyai biomasa yang bertambah, sehingga perlu pemangkasan untuk tujuan desain ulang. Pengelapan wadah juga hanya dilakukan apabila bagian dalam kaca sudah terlalu banyakdebu yang menepel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar