Minggu, 03 Januari 2016

TANAMAN YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK TERRARIUM

TANAMAN UNTUK TERRARIUM 

Pada bagian ini penulis ingin memaparkan tanaman yang cocok untuk terrarium dan  ciri cirri tanaman terrarium.

CIRI-CIRI TANAMAN TERRARIUM

  1. Memiliki ciri akar serabut atau berakar serabut
  2. Ciri-ciri lainya  adalah daun dan batang  banyak menyimpan air contoh kaktus lidah buaya dll.
  3. Berdaun dan berbatang agak kaku tidak seperti layaknya tumbuhan berdaun lainya.
  4. Tumbuh dapat melalui stek baik dari daun atau batang (buku buku atau tunas)


Banyak sekali jenis tanaman  yg  cocok untuk terrarium khususnya tanaman untuk terrarium yang hidup di tanam di  Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut ;


Beberapa nama dari jenis tanaman hias yang digunakan untuk  terrarium :

1.Cryptanthus bivittatus

Yang  ke dua jenis tanaman   terrarium  ini memiliki bentuk seperti bintang, daun-daunnya tumbuh mengarah kesamping atau horizontal, kaku dan  memiliki warna yang beragam seperti merah, pink, coklat, dan hijau.

2. Lidah Mertua (Sanseviera )

Yang ke tiga jenis tanaman untuk terrarium ini memiliki bentuk daun yang melingkar dalam bentuk roset. Daunnya tebal dan kaku, berwarna hijau tua dan hijau belang putih. Bentuknya ada yang pendek atau panjang seperti pedang.  Jenis tanaman yang cocok untuk terrarium ini biasa digunakan untuk tanaman didalam ruangan dan diluar ruangan, cara merawatnya pun mudah bahkan walau seminggu tidak disiram saja tidak menjadi masalah.

3. Scindapsus aureus (sirih-sirihan)

Yang ke empat tanaman untuk terrarium  merambat ini memiliki daun berbentuk hati. Dikenal terdapat tiga jenis yaitu berwarna  dasar hijau, putih krem dan kuning.

4. Hedera Helix (Ivy)

Yang ke lima Jenis tanaman yang digunakan untuk terrarium ini  merambat memiliki bentuk daun yang menarik, berukuran kecil dan berwarna hijau dan putih.

5. Pakis

Yang ke enam adalah jenis tanaman terrarium bernama Pakis.  Beberapa macam pakis dapat digunakan sebagai tanaman yang cocok untuk  terrarium karena lingkungan hidupnya menyukai kondisi lembab. Tanaman ini cocok digunakan untuk terrarium jenis tertutup.

6. Kaktus

Yang ke tujuh adalah dari jenis kaktus. Kaktus menyukai kondisi yang kering dan tidak lembab, oleh karena itu tanaman ini adalah juga tanaman  yang digunakan untuk  terrarium jenis tanaman untuk terrarium ini cocok untuk  model taman tanaman terrarium  model terbuka dengan mulut kaca yang lebih lebar untuk mengurangi kelembaban dalam wadah. Penyiramannya pun lebih sedikit dibandingkan dengan tanaman lain, sehingga jenis  tanaman  terrarium ini tidak bisa sembarangan ditanam bersama jenis tanaman lain yang membutuhkan air lebih banyak. Biasanya kaktus ditanam dengan jenis kaktus juga.

7. Syngonium

Yang ke  delapan jenis tanaman untuk terrarium ini  memiliki ciri cirri  daun berbentuk panah. Terdapat beragam jenis dengan warna berbeda seperti pink, putih, hijau, dan merah tua.

8. Fittonia

Yang ke Sembilan  jenis tanaman yang cocok untuk terrarium ini memiliki warna daun yang sangat menarik yaitu warna dasar hijau atau merah dengan urat daun halus  berwarna putih. Termasuk jenis tanaman merambat dinding pagar, namun pertumbuhnya lambat.  Jenis tanaman untuk terrarium ini menyukai kondisi media yang lembab. Daun akan cepat layu bila kondisi lingkungan terlalu panas.

9. Philodendron

Yang ke sepuluh jenis tanaman untuk terrarium ini memiliki daun yang agak memanjang, berwarna hijau cerah.

10. Peperomia

Yang ke sebelas jenis tanaman untuk terrarium ini  bernama Peperomia memiliki ciri ciri daun dengan warna yang beragam. Permukaan daun  ada yang rata maupun bergelombang. Urat daunnya jelas.

11. Alovera (Lidah buaya).

Tanaman yang ke duabelas adalah jenis tanaman yang cocok digunakan untuk terrarium ini sering kita jumpai dimana saja karena mudah ditanam serta dapat menyesuaikan dengan suhu udara panas di Indonesia. Tanaman ini banyak menyimpan kadar air biasanya lidah buaya  juga dimanfaatkan  untuk kosmetik dan  untuk kesehatan.

12. Anthurium crystallinum (Kuping Gajah)

Jenis tanaman untuk terrarium  ini memiliki daun berwarna hijau pekat, ukurannya lebar dan memiliki urat daun berwarna perak yang kontras dengan warna dasar daun. 

Sebelum ke step selanjutnya yaitu cara membuat tanaman terrariumnya terlebih dahulu mari kita melihat   model jenis penggolongan  taman tanaman  Terrarium nya DISINI

website bernilai milyaran


Gambar Gratis di disini http://www.google.com/advanced_image_search

Tidak ada komentar:

Posting Komentar